Selasa, 27 November 2012


Nama  : Sri Rahayuningsih
         NPM     : 46210671
         Kelas      : 3DA04

         Hypermarket Carrefour

Carrfeour di Indonesia memulai sejarahnya di Indonesia pada bulan Oktober 198 dengan membuka unit pertma di Cempka putih. Pada saat yang sama, Continet, juga sebuah paserba dari perancis, membuka unit pertama nya di pasar Festival. Pada penghujung 1999, Carrefour dan promodes (induk perusahaan Continet) sepakat untuk melakukan penggabungan atas semua usahanya di seluruh dunia. Penggabungan ini membentuk suatu grup usaha ritel tersebar kedua di dunia dengan memakai nama Carrefour.
Dengan terbentuknya Carrefour baru ini, maka segala sumber daya yang dimiliki kedua group tadi menjadi difokuskan untuk lebih memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan kami. Penggabungan ini memungkinkan Hypermarket Carrefour untuk meningkatkan kinerja Hypermarket Carrefour itu sendiri. Fokus terhadap konsumen ini kami terjemahkan dalam 3 pilar utama kami, yang diyakini akan dapat membuat Hypermarket Carrefour menjadi pilihan tempat belanja bagi para konsumen Indonesia. Ketiga pilar utama tersebut adalah sebagai berikut.

1.         Harga yang bersaing
2.         Pilihan yang lengkap
3.         Pelayanan yang memuaskan

Saat ini Hypermarket Carrefour Indonesia memiliki 22 (dua puluh dua) yang tersebar di Jakarta, Medan, Palembang, Makasar, yogyakarta, Surabaya, dan Bandung yang didukung lebih dari 7,500 (tujuh ribu lima ratus karyawan) profesional yang siap untuk melayani para konsumen.
Konsep Hypermarket Carrefour merupakan konsep perdagangan eceran yang diciptakan oelh Carrefour yang dirancang untuk memuaskan para konsumen di Indonesia, terutama di Jakarta, Hypermarket Carrefour dengan cepat menjadi suatu alternatif belanja pilihan bagi seluruh keluarga. Ditambah dengan adanya fasilitas-fasilitas counter lain seperti snack corner, food court dan sebagainya. Untuk meningkatkan daya saing terhadap hypermarket lainnya, Hypermarket Carrefour memberikan fasilitas lain seperti :

1.    Jaminan Harga lebih murah
2.    Penukaran dan pembatalan pembelian
3.    Parkir Gartis
4.    Pengiriman Gratis  
5.    Simpel (sistem pembulatan)
6.    Kartu Belanja.

                        Kartu Belanja
                        Kartu Belanja adalah salah satu fasilitas yang disediakan
Hypermarket Carrfeour. Kartu belanja ini mempunyai 3 Fungsi, yaitu

1.    Fungsi Kredit Cicilan
Bisa mencicil hingga 24 bulan semua pembelanjaan dengan minimum transaksi Rp.250,000; termasuk belanja keperluan sehari-hari disetiap kasir Hypermarket Carrefour. Bungan sangat bersaing.

                    kartu belanja 2
                                      Gambar 2.1
                                                           Kartu Belanja

2.    Fungsi Kredit Berjangka
Bisa mencicil barang-barang elektronik, peralatan rumah tangga, furniture dan telepon genggam di seluruh Hypermarket Carrefour maupun toko lainnya di outlet sumber kredit, khususnya transaksi di Hypermarket Carrefour dengan bunga lebih rendah dibandingkan dengan toko lain.

3.    Fungsi Kartu Kredit
                    Bisa menggunakan Kartu Belanja di Carrefour di lebih
dari 30 juta tempat belanja di Indonesia maupun di luar negeri dan dapat digunakan untuk menarik uang
tunai dari 820.000 ATM yang memasang logo MasterCard.

Keuntungan tambahan dari Kartu Belanja ini adalah mendapatkan diskon langsung, iuran tahunan gratis selamanya, proses aplikasi cepat, kemudahaan pembayaraan, pelayanan memuaskan.